Selasa, 29 September 2015

Hello Mr Jak (24 Jam Keliling Jakarta)

Sebelum ke Jakarta ada beberapa persiapan yang bisa untuk dibawa (versi gue) :
a.     a. E-Money :
Bakal susah kalau gag punya e-money di Jakarta, karena benda yang satu ini udah dipake dibanyak tempat di Jakarta. Buat naik public transportation di Jakarta seperti busway dan krl juga bisa pake ini. Jangan lupa diisi minim Idr 50k atau Rp. 50.000,- karena buat busway dan krl minim saldo idr 10k atau Rp. 10.000,-
b.      b.Uang receh
Kalau naik kendaraan umum seperti kopaja, metromini maupun oplet banyak banget pengamen, nah siap siap aja kasih duit receh.
c.       c. Jaket, Topi, Masker
Itu gag wajib banget dibawa tapi opsional aja buat melindungi diri dari terik panas matahari aja. karena gue berpetualang selama 24 jam barang itu PENTING !!!

Kenapa smartphone gag gue masukin, karena gue percaya elu semua udah punya yang ini manfaatkan smartphone kalian dengan baik karena itu ngebantu banget.

Nah !! Kalau gue dikasih kesempatan ke Jakarta selama 24 jam dan gag ada kantuk ada beberapa tempat yang bersejarah di hidup gue yang pengen gue datangi lagi. Maklumlah anak kampong sekalinya datang ke Jakarta ada aja perasaan yang tertinggal di tempat tempat itu.

1.        Stasiun Gambir
Bila aku sampai di Jakarta pagi-pagi aku memilih untuk turun disini (naik kereta ekskutif dari Semarang) , disinilah pertama kali aku menginjakan kaki sendiri di Jakarta dan bertemu dengan seorang kakak angkat serta ibu angkat yang sampai sekarang masih tetap jalin silaturahmi. Untuk mulai menjelajah Jakarta dari Stasiun Gambir gag susah ada halte busway, taksi, maupun jalan kaki ke tempat tempat kece di sekitar sini. http://foto.tempo.co/read/beritafoto/12089/tiga-jenazah-awak-krl-disemayamkan-di-gambir2.
 2. Monas
Gag perlu jauh-jauh pergi dahulu, disini beberapa bulan yang lalu aku berdiri sebagai delegasi Kalimantan Tengah untuk sebuah program kompetisi project dari salah satu business school di Jakarta. Selain ada kenagan  pribadi, tempat ini juga bersejarah untuk bangsa Indonesia. Wajib banget deh datang kesini kalau ke Jakarta. Source : Koleksi Pribadi (Bersejarah banget buat gue, kesini jadi wakil Kalimantan Tengah)

3.   Galeri Nasional
Gag jauh juga dari Monas cukup jalan kaki atau naik kopaja bisa sampai disini, di sini aku pernah datang untuk berkompetisi dan menjadi semacam candu untuk menghargai karya para pelaku seni di Indonesia. Source : Koleksi pribadi (Kepengen kesini lagi)
4.     TIM (Taman Ismail Marzuki)
Gag jauh juga menututku kalau dari Galeri Nasional, bisa naik P20 kalau mau kesini. Di TIM aku paling suka cari buku-buku bekas atau sekedar nonton pertunjukan seni. Sering banget diadain pentas lho disini. Gag ketinggalam disini ada bioskop juga disini nambah betah deh, pernah juga gue ke TIM karena emang tempat kumpul peserta acara disini. Source : Koleksi Pribadi (Team Jawa Tengah)
5.  .   Kota Tua
Nah dari TIM bisa juga langsung ke Kota Tua naik KRL di stasiun Gondang Dia. Gag butuh waktu lama buat ke stasiun Gondang Dia dari TIM. Angkot banyak jalan kaki juga bisa. Di Kota Tua kalau siang bisa ketemu sama orang yang dandan pake kostum ala ala patung gitu. Asli gue pengen banget kesana siang karena 2 kali kesana pas malam hari. Source : Koleksi pribadi (Pacarnya Irfan jangan marah ya, ini foto udah lama kooo)  6.   Dunia Fantasy Ancol dan Sea World
Dari kota tua bisa langsung naik KRL ke Ancol. Dari Ancol bisa banget langsung pilih ke Dufan dulu atau ke Sea World, kalau aku milih ke Sea World dulu karena bakal tutup jam 5 sore sementara Dufan jam 8 atau 10 malem gitu. Gue terakhir ke sini pas SMP, udah hamper 10 tahun yang lalu. Entah kapan kesini lagi, hiks. source : http://jakartacitylife.com/index.php/article/detail/recreational-fun-
7.    TMII
Andai kelar dari Dufan dan Seaworld sebelum jam 6 sore bisa langsung ke TMII karena jam buka sampe jam 10 malem. Nah kalau dari Dufan bisa naik KRL ke St Rajawali dari St Rajawali naik ke arah st Pasar Senen. Dari St Pasar Senen keluar ke Terminal Pasar Senen naik bus Mayasari Bakti P17 (Pasar Senen-Rambutan) Turun di Garuda Taman Mini naik lagi angkot atau bisa jalan kaki menuju kesana. Di TMII gue pengen banget ke Istana yang sering di pake buat shooting sinetron. Maklum anak kampong. http://anekatempatwisata.com/wisata-jakarta-taman-mini-indonesia-indah-tmii/8.      Makan Malam di Taman Menteng
Dari TMII ke taman Menteng alangkah baiknya jika malam hari lebih baik mengubungi teman atau kenalan yang di Jakarta karena kendaraan umum seperti busway dan krl berakhir jam oprasinya pukul 22.00 ada alternative lain untuk ke taman menteng yaitu naik gojek atau taksi . Kuliner di taman menteng memang sedikit diatas rata-rata harga normal namun terbayarkan oleh suasana yang ada. http://www.qraved.com/journal/restaurants/14-restoran-yang-harus-kamu-coba-di-menteng/9.   Pasar Ikan Muara Angke
Nah kalau yang ini karena gue doyan makan seafood dan pengen beli yang fresh dari nelayan langsung dan bisa juga langsung dimasak disana atau di asap biar tahan sedikit lebih lama. Dari taman menteng bisa langsung ke Muara Angke naik gojek atau naik bajaj atau taksi, kalau gue pilih naik bajaj atau taksi turun di Terminal Kota atau langsung ke Muara Angke. Siap siap berinteraksi dengan para nelayan dan bau amis karena ini menjadi sebuah pengalaman yang berharga banget dan tentunya berkesan. http://m.news.viva.co.id/news/read/658734-bni-ingin-muara-angke-jadi-pengolahan-ikan-asin-streril
10.   Pasar Bungan Rawa Belong
Buat gue selama 24 jam keliling Jakarta harus bawa oleh-oleh udah beli ikan di Muara Angke sekarang biar bau amis gag terlalu kecium bisa banget kesini. Well kalau kuliner betawi sih udah sering dibawa dan sering buat dirumah. Gue suka banget sama bunga maka dari itu Pasar Bunga Rawa Belong jadi pilihan buat mengakhiri 24 jam perjalanan di Jakarta. Dari muara angke bisa naik bajaj ke halte busway atau naik kopaja ke terminal senen baru lanjut naik mayasari bakti 6 turun di Bundara slipi, naik m-11 kemudian naik ojek ke pasar bunga rawa belong. Berita mengenai geliat ekonomi di pasar rawa belong jadi salah satu alasan gue pengen kesini, buktikan secara langsung kondisi di lapangan. http://jakarta.panduanwisata.id/jakarta-barat/pasar-rawa-belong-pusat-bunga-potong-terbesar-se-indonesia
11.  Kepulauan Seribu
Ini adalah tempat di Jakarta yang belom gue datangi, sama sekali. Someday gue berharap banget ada yang mau ngejak kesini. Gue pengen diving disini, abang ajak adek kesini. Oh ya kalau mau ke kepualuan seribu bisa dari Pelabuhan Muara Angke atau dari Tanjung Priok. Banyak banget kegiatan yang bisa dilakuin di kepulauan seribu, selain diving dan snorkeling. Kalau ke kepualauan seribu pengen bawa buku-buku buat dibagi di beberapa pulau berpenghuni di kepulauan seribu.

Pesen gue kalau ke Jakarta pd aja, jadilah orang yang sok tahu karena sekarang hp kamu lebih pinter dari kamu, manfaatin aja hape kamu sebaik-baiknya. Salam dari anak kampong Kalimantan Tengah.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “Blog Competition #TravelNBlog4 : Jakarta 24 Jam” yang diselenggarakan oleh @TravelNBlogID