Jumat, 26 Juni 2015

my project for Central Borneo



CENTRAL BORNEO INTEGRATED YOUTH
(CBYouth.org)
ALONE WE CAN DO SO LITTLE, TOGETHER WE CAN DO SO MUCH
Hellen Keller, Saturday Sept 8th 2012
Pemuda merupakan tonggak penerus bangsa, pemuda jugalah yang naninya akan menjadi tonggak kokoh dan tidaknya suatu bangsa. Kalimantan tengah merupakan salah satu daerah yang sedang berkembang baik dari segi ekonomi maupun sumber daya manusia. Sebagai salah satu unsur penopang perkembangan, pemuda memiliki peran yang signifikan. Mereka menjadi agent of change di masyarakat. Kalimantan Tengah sebagai salah satu daerah yang wilayah cukup luas dan kondisi infrastruktur jalan yang kurang memadai sehingga sulit untuk mereka menjalin komunikasi antar pemuda selain menggunakan social media dan telefon.
Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan pemuda di Kalimantan Tengah agar terintegrasi di dalam satu wadah yang memperkuat keberdaan mereka di tengah tengah persaingan global juga menjadi wadah bagi mereka untuk bertukar pikiran mengenai berbagai hal yang terjadi di Kalimantan Tengah. Mengintegrasikan setiap pemuda dalam satu wadah yang pasti menjadikan hubungan antar pemuda menjadi lebih erat tentunya membuka berbagai peluang yang tidak pernah terfikirkan sebelumnya.
            Konsenstrasi kegiatan ini terpusat pada pembangunan wadah pemuda berupa platform website yang terintegrasi dengan berbagai social media. Focus dari kegiatan ini sendiri berupa penjaringan pemuda-pemuda di Kalimantan Tengah yang berusia 16-30 tahun. Penjaringan ini dimulai dari mereka yang akan lulus dari tingkat sekolah menegah atas di setiap sekolah di Kalimantan Tengah, mahasiswa Kalimantan Tengah yang berada di luar Kalimantan Tengah maupun di Kalimantan tengah, professional yang berasal dari Kalimantan Tengah.
            Proyek ini akan menjadi inspirasi bagi banyak pihak, pertama mereka yang menjadi anggota akan melihat bahwa ternyata di Kalimantan Tengah memiliki banyak orang-orang hebat yang mampu berkiprah hingga mancanegara, kedua bagi daerah lain yang ingin menjadikan proyek ini sebuah percontohan untuk menyatukan pemuda mereka dalam satu wadah.

            Proyek ini layak di danai oleh ICN karena bukan hanya satu titik di provinsi Kalimantan Tengah yang akan ditebar Inspirasi namun seluruh pemuda di Kalimantan Tengah akan merasakan dampaknya. Bukan sebuah proyek ambisius tapi sebuah proyek yang realistis, ketika sudah lepas dari ICN proyek ini akan terus berjalan dengan dukungan dari berbagai pihak yang menjadi partner Kalimantan Tengah Integrated Youth. Problematika pasti akan menghampiri setiap perjalanan sebuah kegiatan, tantangan kedepan yang akan muncul adalah masalah input data yang terkadang orang enggan untuk mengerjakan tapi saya percaya masih banyak anak muda yang mau dan bersedia untuk melakukan yang terbaik untuk Kalimantan Tengah Integrated Youth. Kegiatan-kegiatan bebasis persatuan pemuda di daerah pasti akan muncul setelah terbentuknya Kalimantan Tengah Integrated Youth. Karena disini mereka juga belajar tentang berbagai hal seputar kepemudaan, wawasan dunia kerja, wawasan kampus, wawasan lingkungan, wawasan kebagsaan dan juga wawasan kedaerahaan. Tantangan kedepan akan mudah diselesaikan jika semua mau dan bersedia untuk bekerjasama agar pemuda Kalimantan Tengah terintegrasi satu sama lain. ICN merupakan tonggak lahirnya sebuah gerakan penyatuan pemuda di Kalimantan Tengah untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada saat ini. Dan sangat diharapkan jika ICN bersedia memberikan bantuan kepada proyek ini.

hoho, its to exited tell about my dream. yeah I have a dream for Central Borneo and I hope it can inspire all of you who live there. and I have presented it in Indonesia Cultural and Nationalism by student board of Prasetiya Mulya business school.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar